Tuesday 23 February 2016

Jenis Ayam Hias Paling Menarik

Hewan yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan masyarakat di Indonesia. Ayam menjadi hewan yang dipelihara untuk dikonsumsi atau hanya untuk dijadikan sebagai bisnis atau juga untuk sekedar hobi. Hewan yang juga banyak dikonsumsi ini memiliki banyak jenis. Banyak orang pula yang mungkin belum mengetahui apa saja jenis dari ayam khususnya untuk ayam hias. Nah sebagai informasi pada pembahasan berikut ini akan membahas mengenai beberapa jenis ayam hias paling menarik.
Berikut Beberapa Jenis Ayam Hias Paling Menarik
Ayam Sumatra
Ayam Sumatra merupakan salah satu jenis ayam asli dari Indonesia yang berkembang di Sumatra Barat. Adapun ciri-ciri dari ayam ini adalah mempunyak tenggorokan lebar dengan tubuhnya yang kecil, tegap, kepalanya kecil, kulit pada bagian muka berwarna merah atau hitam, dengan paruhnya yang pendek serta bewarna hitam. Untuk ayam Sumatra jantan mempunyai berat kurang lebih 2 kg. Dan untuk ayam Sumatra betina mempunyai berat badan kurang lebih 1,5 kg.
Ayam Kate Serama
Untuk jenis ayam kate ini memiliki cukup banyak penggemarnya di Tanah Air. Ukuran dari jenis ayam ini kecil serta mempunyai ciri khas bulunya yang indah menjadi salah satu alasan orang menyukainya. Di samping itu ayam ini juga mempunyai kelebihan lainnya seperti dapat berdiri tegak dengan membusungkan dadanya ke arah depan meskipun si ayam sedang berjalan sekalipun. Walaupun memiliki ukuran badan kecil, namun ayam ini memiliki harga yang cukup mahal.
Ayam Jambul Poland Bulu Kapas
Untuk jenis ini juga memiliki keunikan tersendiri, pasalnya jenis Ayam Jambul Poland Bulu Kapas memiliki jambul sesuai dengan namanya. Selain memiliki jambul yang khas, jenis ayam Ayam Jambul Poland Bulu Kapas juga mempunyai bulu yang indaj dengan warnanya putih seperti kapas. Dengan keunikannya tersebut membuat ayam jenis ini juga banyak dipelihara di Tanah Air.
Ayam Cemani
Ayam Cemani merupakan jenis ayam yang berkembang di daerah Temanggung, Magelang, dan di daerah lain yang ada di Jawa Tengah. Akan tetapi saat ini jenis ayam ini sudah tersebar di berbagai daerah di Tanaj Air. Untuk ayam ini memiliki keunikan juga dibanding dengan jenis ayam laun. Ayam ini dipercaya memiliki banyak manfaat untuk tubuh seperti membantu memperlancar sistem peredarah tubuh, membantu mengatasi asma, dan banyak lagi. Ciri khas dari ayam jenis ini adalah tubuhnya yang berwarna hitam mulai dari ekor sampai dengan kepala.
Ayam Hutan Kelabu
Jenis ayam hias paling menarik berikutnya adalah Ayam Hutan Kelabu. Untuk ayam ini merupakan salah satu jenis dari ayam hutan. Untuk ayam dengan kelamin jantan mempunyai ukuran kurang lebih 80 cm. Sedangkan untuk jenis ayam betina memiliki ukuran tubuh kurang lebih 38 cm. Jenis ayam ini juga banyak dipelihara oleh masyarakat di Indonesia.
Ayam Balenggek
Jenis ayam hias yang terakhir pada pembahasan kali ini adalah jenis Ayam Balenggek. Tak kalah menarik dengan ayam di atas, untuk Ayam Balenggek juga berasal dari Sumatra Barat. Ayam ini cukup pandai dalam berkokok dengan suaranya yang merdu dank has. Pada umumnya Ayam Balenggek dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan fisiknya seperti Yungkilok Gadang, dan juga Ratiah.
Nah itulah tadi beberapa jenis ayam hias paling menarik dan terkenal. Masih banyak jenis ayam hias lainnya yang juga banyak dipelihara masyarakat di Indonesia. Ayam tersebut memiliki keunikan satu sama lain.



Baca










No comments:

Post a Comment